Tuesday, June 23, 2015

#nulisjuga suguhan


Sore itu pukul 5.15, di hari puasa ke 5. Ya, biasa anak muda mental kos-kosan macam saya mencari menu berbuka makanan kecil di pinggir jalan. Dan, menu andalan kita adalah teh hangat dan gorengan, itu sudah menjadi default saya dan beberapa teman saat mencari menu berbuka puasa beberapa tahun ini.  

Kebetulan sekarang dan beberapa tahun lalu lokasi saya kerja di sekitar jalan palagan dan banyak jajanan menu berbuka di sepanjang jalan itu. Salah satu spot penjual makanan berbuka yang ramai adalah di depan toko Bolu Kidang jalan palagan. Tak jarang orang melirik ke sana untuk mencari jajanan berbuka. Dimana banyak burung camar disitu banyak ikannya, kan?

Kenapa ramai? Apa makanannya enak? menurut saya tidak jauh beda dengan yang lain, kebetulan saja orang puasa itu lapar dan kalau orang lapar itu semua makanan terasa enak. Faktor utama yang membuat ramai menurut pengamatan saya adalah penjualnya, salah satu penjualnya adalah wanita yang menurut beberapa teman saya cantik dan bahenol (kalau tidak percaya silakan lewat sekitar jam 4 sore mumpung masih rada sepi). Sebenarnya sudah lama si mbak itu jualan di sana, sekitar 2 atau 3 kali puasa yang lalu saya selalu melihatnya.

Ya, kehadiran si mbak itu menjadi suguhan tersendiri bagi para pencari menu berbuka. Itu salah satu strategi marketing sih menurutku, dengan menaruh unique selling preposition (USP) pada kehadiran wanita cantik. Simpelnya si mbak tersebut menjadi SPG dari produk jajanan berbuka. Akan tetapi kehadirannya juga menjadi salah satu cobaan buat manusia yang imannya mudah goyah dan lemah.

Buat yang sudah berkeluarga atau berpasangan harus cari ancang-ancang jika mendapati suguhan semacam itu.

Ojo Milik Barang Kang Melok, Ojo Mangro Mundak Kendo - Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik atau indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat.

Berbuka itu sekadarnya saja, jangan terlalu kenyang. Saran Rasul aja hanya minum air putih dan tiga butir kurma untuk membatalkan puasa. Kalau kita membeli jajanan berbuka plus ditambah suguhan yang menyegarkan mata bisa-bisa batal duluan puasa kita sebelum waktunya.


Sekedar untuk informasi, tulisan ini tidak ada maksud ngomongin orang (ghibah) digital ya.

Salam #nulisjuga

2 comments: